Apakah menguntungkan berinvestasi emas?

update harga emas antam hari iniSecara historis, emas telah memainkan peran penting dalam perekonomian banyak negara. Meskipun tidak lagi menjadi bentuk mata uang utama, emas tetap merupakan investasi jangka panjang yang solid dan dapat menjadi tambahan yang berharga untuk portofolio kami. Tetapi apakah menguntungkan untuk berinvestasi dalam emas? Temukan dengan Raisin semua informasi yang perlu Anda ketahui.

Pendeknya

Beberapa alasan mengapa menarik untuk berinvestasi dalam emas adalah likuiditas, keteguhan nilai pasarnya, atau perlindungan yang ditawarkannya terhadap inflasi.

Di sisi lain, di antara kerugian berinvestasi emas, kami menemukan bahwa hal itu dapat menciptakan gelembung spekulatif, dan juga tidak menghasilkan pendapatan pasif.

Mengapa berinvestasi dalam emas?: keuntungan utama

Meskipun emas tidak lagi menjadi mata uang utama di negara maju, emas masih menjadi investasi populer karena alasan berikut:

Likuiditas. Emas fisik memberi Anda aset yang sepenuhnya likuid karena dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai di mana pun di dunia. Universalitas emas tidak memiliki saingan.

Itu mempertahankan nilainya. Emas cenderung mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu dan lebih stabil daripada aset keuangan lainnya. Untuk alasan ini, sering dianggap sebagai ‘tempat berlindung yang aman’ tradisional untuk melindungi modal.

Lindung nilai terhadap inflasi. Nilai emas meningkat ketika inflasi terjadi. Karena menetapkan harganya dalam USD, setiap penurunan mata uang Eropa akan menyebabkan harga emas lebih tinggi. Akibatnya, emas akan menawarkan investasi yang lebih stabil selama masa inflasi.

Diversifikasi. Menambahkan sekuritas yang berbeda ke portofolio kami adalah cara penting untuk mendiversifikasi dan mengurangi keseluruhan risiko investasi kami. Selain itu, karena emas sering kali bergerak terbalik dengan nilai saham dan mata uang, emas menjadi cara yang sangat efektif untuk melakukan diversifikasi.

Investasi yang diinginkan secara universal. Emas tetap menjadi komoditas universal. Meskipun negara-negara menjual mata uang berjangka mereka, Treasuries dan sekuritas lainnya di seluruh dunia, tidak seperti emas, mereka tunduk pada apa yang disebut ketidakpastian politik.

Emas digunakan sebagai input dalam berbagai produk. Karena logam mulia ini digunakan dalam produksi berbagai produk, termasuk perhiasan dan elektronik, ada permintaan yang dapat diandalkan yang semakin menstabilkan harganya. Juga, pada saat permintaan meningkat, pasar ini dapat memaksa harga emas lebih tinggi.

You May Also Like

About the Author: Dreaseenown

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *